-->

Digital Clock

Selasa, 10 Januari 2012

Sensasi Hot

Apakah anda salah satu pecinta makanan pedas? Bagi anda para pecinta makanan pedas, anda dapat menikmati santapan super hot dengan mudah, restoran yang menyajikan hidangan extra hot dengan berbagai macam jenis sambal nampaknya sudah mulai menjamur. Tapi tahukah anda, apa yang terkandung dalam cabai sehingga menghasilkan sensasi terbakar di lidah para penyantapnya? Dan apakah manfaatnya bagi kesehatan?

Cabai dengan nama latin Capsicum annum L. merupakan famili dari solanaceae. Di Inggris nama cabai dikenal dengan chili pepper, di Philipina dikenal dengan siling haba dan di Cina dikenal dengan la jiao. Cabai mengandung capsaicin yakni senyawa yang memberikan rasa pedas sehingga terasa sensasi terbakar pada lidah. Dari hasil beberapa penelitian yang dilakukan Capsaicin telah terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Anti Kanker
`Capsaicin` ditemukan sebagai salah satu cara untuk menyerang `mitochondria`. Hasil penelitian tim dari `The Nottingham University` ini disampaikan melalui `Biochemical and Biophysical Research Communications`. Dr Timoty Bates (kepala tim peneliti) menyatakan mereka sudah melakukan pengujian manfaat `Capsaicin` dalam sel kanker paru-paru manusia dan kanker prankreas. ‘Kandungan ini mampu menyerang inti dari sel kanker dan kami menyakini akan bisa memberikan dampak yang sangat fundamental,’ jelas Dr Timothy Bates. “Biochemistry dari mitochondria di sel kanker sangatlah berbeda dengan sel norma.’


Menyehatkan Jantung
Capsaicin mencegah terjadinya pembekuan darah. Penelitian juga menunjukkan kadar kolesterol jahat/LDL bisa mencegah oksidasi yang bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Capsaicin juga efektif mengatasi inflamasi, yang telah diidentifikasi sebagai faktor risiko penyakit jantung.

Melancarkan Sirkulasi Darah
Capsaicin bisa melancarkan sirkulasi dan menurunkan tekanan darah. Disamping cabai sebagai untuk memperlancar sirkulasi dan penurunan tekanan darah ada kalanya cabai juga menguatkan dinding pembuluh darah karena kandungan vitamin A dan C yang ada di dalamnya..

Cegah Maag
Dengan meningkatkan sirkulasi darah di perut dan meningkatkan lapisan mukus. Capsaicin juga bisa membantu membunuh bakteri H.pylori penyebab sakit maag.

Obat Flu
Capsaicin dapat membantu meningkatkan pengeluaran keringat dan menghilangkan gejala flu yang mengganggu. Makanan pedas ini juga akan membantu membuka jalan napas dan mengurangi kelainan sinusitis serta gejala flu lainnya. 

Relaksasi
Sebuah penelitian telah menguatkan bahwa capsaicin dapat menjadikan tubuh relaks dan membuat tidur lebih pulas.

Selain manfaat di atas ternyata cabai juga mengandung endorfin yang berfungsi meningkatkan level dan serotonin yang menghilangkan nyeri dan memberikan efek perasaan yang nyaman. Kedua hormon ini banyak berperan dalam pelawan stres dan depresi. Espektoran yang terkandung dalam cabai berguna bagi para penderita asma, bronkitis kronik, sinusitis, dan penyakit pernapasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar